Selasa, 23 Juli 2013

MEMAKNAI PERGUMULAN HIDUP (sambungan)


2. Pergumulan hidup adalah alat yang Tuhan izinkan untuk membentuk kita menjadi serupa dengan Kristus (Rom 8:28).

Pergumulan yang ada sekalipun itu sangat menyakitkan, kita harus melihatnya sebagai alat yang Tuhan pakai untuk membentuk kita menjadi sebuah karya yang yang mulia, yang dikehendaki Tuhan, yaitu menjadi seperti Kristus. Hal ini akan membuat kita bisa bersyukur.

 
3. Memandang Pergumulan Hidup bukan masalah yang besar atau lebih tepatnya bukan masalah yang sesungguhnya.

Pergumulan yang sesungguhnya adalah bagaimana kita menjadi berkenan kepada Tuhan, tidak hidup menurut kesenangan diri sendiri, tidak hidup untuk kepentingan diri sendiri (2 Kor 4:15)

Paulus berkata : Bertandinglah dan rebutlah hidup yang kekal (1 Tim 6:12). Inilah pertandingan iman yang benar : Merebut hidup yang kekal. Hidup kekal artinya hidup yang berkualitas, hidup yang bermutu yang memiliki nilai Kristus.

Berkualitas dalam seluruh hidup baik mental maupun rohani.

Paulus sering menggunakan  "kata kerja" aktif dan bernada mendesak dalam menggambarkan kehidupan Kristen seperti : berlari, kejar, bertarung, berpegang teguh. Hal ini menunjukkan bahwa kehidupan Kristen itu bukanlah kehidupan yang pasif yang menunggu Tuhan bertindak untuk pertumbuhan iman.

Sebaliknya kita harus memiliki iman yang aktif. Kehidupan Kristen seperti Olah raga (atlit) : berlatih, bekerja keras, berkorban, Displin.

Kesuksesan abadi dibangun dari displin. Anda harus memberikan perintah kepada diri sendiri dan mematuhinya. Mendisplin diri kelihatannya membosankan, tetapi dalam jangka panjang hasilnya dapat terlihat spektakuler. Kesuksesan dibangun dari menit-menit anda memanfaatkan waktu anda.

Kehidupan Kekeristenan itu ibarat olah raga tim. Apa kontribusi kita bagi tim kita. (JKS)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar