Sabtu, 04 Mei 2013

Pertanyaan : Apa yang maksudkan ayat ini: Rm 5:20 ?


Pertanyaan :

Apa yang maksudkan ayat ini: Rm 5:20 Tetapi hukum Taurat ditambahkan, supaya pelanggaran menjadi semakin banyak; dan dimana dosa bertambah banyak, di sana kasih karunia menjadi berlimpah-limpah? Mengapa ketika Taurat ditambahkan pelanggaran menjadi semakin banyak?

 

Jawab :

Untuk menjawab hal ini, mari kita perhatikan tujuan ditambahkannya hukum Taurat dalam Rom 5:20.

1. Hukum Taurat ditambahkan supaya pelanggaran menjadi semakin banyak

Jika kita perhatikan bagian pertama, memang sulit memahaminya karena terkesan kuat Tuhan mau agar pelanggaran makin banyak, namun tidak demikian.

Paulus berkata bahwa hukum Taurat adalah kudus, dan perintah itu juga adalah kudus, benar dan baik. Jika demikian, adakah yang baik itu menjadi kematian bagiku? Sekali-kali tidak! Tetapi supaya nyata, bahwa ia adalah dosa, maka dosa mempergunakan yang baik untuk mendatangkan kematian bagiku, supaya oleh perintah itu dosa lebih nyata lagi keadaannya sebagai dosa (Rom 7:12-13)

Sebelumnya Paulus mengatakan bahwa oleh hukum Taurat aku telah mengenal dosa. Karena aku juga tidak tahu apa itu keinginan, kalau hukum Taurat tidak mengatakan: "Jangan mengingini!" Tetapi dalam perintah itu dosa mendapat kesempatan untuk membangkitkan di dalam diriku rupa-rupa keinginan; sebab tanpa hukum Taurat dosa mati (Rom 7:7-8).

Semakin kuat manusia berusaha mentaati Hukum Taurat, maka manusia semakin melanggarnya dan makin banyaklah sadar pelanggaran itu dilakukan.

 
2. Hukum Taurat ditambahkan agar kita bisa melihat kasih karunia yang berlimpah-limpah

Agar menjadi lengkap, kita harus melihat bagian yang kedua yaitu dengan ditambahkannya Hukum Taurat pelanggaran bertambah banyak, manusia dengan sadar melihat dosa yang banyak, untuk itulah Tuhan Yesus mati menebus dosa kita. Kasih karunia Allah berlimpah untuk menyelesaikan dosa manusia. Sebesar apapun dosa manusia kasih karunia Allah melimpah atas kita. Paulus mengatakan : Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa (Rom 5:8).

Tetapi bukan berarti kita jadi semaunya berbuat dosa agar bertambah kasih karunia. Sebab orang yang mengalami kasih karunia Allah yang melimpah akan semakin menghormati Tuhan dan takut berbuat dosa karena menyadari betapa mahalnya kasih karunia Allah itu.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar