Senin, 29 Oktober 2012

KEJAHATAN IBLIS


Siapa yang tidak kenal Iblis? Iblis adalah bapa segala dusta, pencuri, pembunuh dan pembinasa. Lihat Yoh 10:10.  Awas jangan sampai terjerat tipu muslihat si Iblis!

 

Beberapa tindakan kejahatan Iblis

 
1.      Memberontak kepada Penciptanya

Iblis tidak puas dengan kebesaran yang dimilikinya. Sebagai pemimpin besar yang dipercayakan Tuhan kepadanya ternyata tidak membuatnya puas. Ia punya ambisi hendak menyamai yang Maha Tinggi (Yes 14:12-14, Yeh 28:12, 17)

2.      Menggiring manusia agar ikut memberontak kepada Tuhan Sang Pencipta

Iblis, merasa belum puas memberontak kepada Tuhan. Ia pun mengajak manusia untuk bersekongkol memberontak kepada Tuhan.

Contohnya :

Iblis memperdaya Hawa, Ia mengajak Hawa untuk mencurigai Tuhan. Iblis menamkan suatu keyakinan kepada Hawa bahwa Tuhan menyembunyikan kebaikanNya, seolah-olah Tuhan tidak ingin yang terbaik bagi manusia. Itu sebabnya Tuhan melarang buah dari pohon pengetahuan tentang yang baik dan jahat tersebut. Akhirnya Hawa terperdaya atau tertipu oleh bujuk rayuan manis Iblis.

 

Manusia Memiliki Tabiat atau Kodrat dosa

               Setelah manusia pertama jatuh dalam dosa, tugas Iblis bertambah ringan untuk menggiring manusia untuk memberontak kepada Tuhan. Hal ini disebabkan karena manusia telah memiliki kodrat dosa. Naturnya adalah berdosa, tidak berlebihan jika kita katakan manusia itu menjadi pabrik dosa.

Alkitab memberi contoh

-        Kain membunuh Habel

Kain iri hati. Tuhan Ia mememperingakan Kain agar ia tidak berdosa, tetapi Kain tidak peduli dengan peringatan Tuhan. Akhirnya kain mengajak Habel ke padang. Tanpa rasa curiga karena mungkin sudah biasa demikian, Habel pun dihabisi Kain, kakak kandungnya sendiri.

-        Lamekh, menginspirasi Poligami pertama (Kej 4:19)

-        Manusia selalu membuahkan kejahatan semata-mata (Kej 6:5). Lalu Tuhan membinasakan manusia kecuali Nuh dan keluarga

-        Memberontak dalam kesatuan

Unity itu menghasilkan kekuatan yang besar. Namun sayang unity dibangun untuk memberontak kepada Tuhan (Kej 11).

 
Bagaimana dengan kita ?

               Kita yang berada dalam Kristus, kita memiliki benih Ilahi yang memampukan kita mengalahkan tipu daya Iblis dan kodrat dosa kita.

Sebagaimana kisah Kain, yang memperingatkannya agar tidak berdosa, demikianlah Roh Kudus yang ada di dalam kita terus mengingatkan kita agar tidak berdosa, karena dengan berdosa, kita sedang memberontak kepada Tuhan dan itu yang Iblis kehendaki.

 
Apa pilihan saudara ? Mau memberontak atau mentaati Tuhan.

-        Hari ini banyak manusia termasuk orang Kristen, tidak menyadari bahwa mereka sedang digiring ke pembantaian abadi. Mereka dibuat terlena dengan menikmati kenyamanan dan menikmati dunia agar melupakan Tuhan.

-        Iblis membuat mereka lupa bahwa hidup ini ada ujungnya atau ada akhirnya. Harta milik, keluarga akan kita tinggalkan atau lebih dahulu meninggalkan kita dan akhirnya semua kita akan pergi.

-        Kemudian Iblis menyembunyikan ada apa dibalik ujung hidup ini.

-        Gereja harus terus-menerus mengingatkan hal ini. Kita sebagai anak-anak Tuhan harus menyadari hal ini.

 

 

 

 

K3R-30/24 Oktorber 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar