Minggu, 21 April 2013

Bagaimana kita Menjaga Hati (Amsal 4:23)?


Pertanyaan :

Syalom Pak Pendeta, Bagaimana kita Menjaga Hati (Amsal 4:23)?

 

Jawab : Seseorang tidak menginginkan hartanya diambil atau dicuri orang lain, Tidak menginginkan orang lain merusak rumahnya, demikian halnya dengan tubuh. Tak seorangpun membiarkan tubuhnya sakit, jorok dan terluka. Itu sebabnya seseorang menjaganya dengan baik. Semakin bernilai sesuatu “barang” maka makin kuatlah penjagaan yang dilakukan. Apa yang bernilai bagimu ? Bernilaikah bagimu hati yang bersih ?

 

Kata “Jagalah dalam Amsal 4:23 artinya mengawasi untuk memelihara dengan selamat, mengontrol keluar-masuk, mengawasi untuk mencegah (seseorang) melarikan diri, melindungi dari kehancuran dan bahaya. Ada usaha atau kerja keras.

Dan ini sebuah perintah dari Tuhan. Kita harus menjaga hati untuk tidak melukai dan dilukai orang lain. Hati yang anti gores. Menjaga hati  dengan segala kewaspadaan. King James Version memakai kata diligence (kewaspadaan) yang berarti rajin. Jadi harus tetap rajin dan waspada menjaga hati ini. Kita mesti waspada mengawasi hati dimana dan kapan saja, sebagai harta yang mahal.

 

Pemazmur berkata :”Firman Tuhan senjata paling ampuh untuk menjaga hati, yang terperagakan dalam kelakuan. ( Maz 119:9-11).

Bagaimana ini bisa terjadi ? Ini bukan sekedar membaca Alkitab, mendengarkan kotbah. Tetapi mempelajari, merenungkan dan melakukan Firman Allah.

 

Inilah kelemahan banyak orang percaya saat ini sedikit sekali yang mau mempelajari Firman Tuhan. Membaca, memikirkan, menemukan apa yang menjadi jalan Tuhan bagi kita melalui Firman-Nya. Firman itu pelita bagi jalan, Firman itu memerdekakan kita. Kita harus menjadikan Firman Allah sebagai rule (aturan) dan mengaplikasikan dan menggunakannya. Cara/jalan hidup kita harus seperti cara/jalan hidup Yesus. Perhatikan bagaimana kamu hidup/kebiasaanmu (Ef 5:15). Ada kalanya dalam hidup ini kita memiliki masa-masa kebodohan (I Pet 1:14). Disinilah kita sering gagal menjaga hati. Kita bisa tergoda berdosa, mara-marah, memaki-maki, menyimpan dendam, dll. Hati-hati dan kenalilah masa-masa kebodohanmu. Ini bisa terjadi saat lemah.

 

3 Hal yang harus kita lakukan untuk menjaga hati Menurut Mazmur 119:11-13

 

1. Memperhatikan/mengamati Firman dengan merenungkan ( ay.15)

2. Menyimpan Firman dalam hati, tetap hangat dalam ingatan (ay 11)

3. Menceritakan/menyaksikan Firman kepada orang lain (ay. 13), melalui perkataan dan perbuatan kita

 

Selamat terus waspada menjaga hati !

Tuhan memberkati !

 

1 komentar:

  1. Pertanyaan ini menjadi topik yang paling diminati pengunjung blog mediak3r. Semoga dengan jawaban tersebut kita semakin mengerti dan menjadi pelaku-pelaku Firman Tuhan yang setia.

    Untuk rekan-rekan yang memiliki pertanyaan silahkan mengirimkan email ke : mediak3r_rehobotthb@yahoo.com atau sms ke 082122596767 dengan mencantumkan NAMA, USIA dan LOKASI. Jawaban akan dimuat di blog ini dan dalam bentuk cetak (bulletin 2 mingguan) dapat diambil di GBI REHOBOT THB, Blok P2/17 Taman Harapan Baru - Bekasi

    BalasHapus