Minggu, 03 November 2013

Mana yang lebih baik berdoa sendiri (pribadi) atau berdoa bersama-sama ?


Pertanyaan :

Mana yang lebih baik berdoa sendiri (pribadi) atau berdoa bersama-sama ? Apakah kalau yang mendoakan lebih banyak orang maka doa lebih dikabulkan (dari pada yang lebih sedikit orang yang mendoakan), karena sering kita mendengar ucapan :"Tolong bantu dalam ya ?" Apakah doa yang dikabulkan itu ciri-cirinya sesuai dengan yang kita minta ? Apa yang kita perbuat jika doa kita terkabul ?

 

Jawab :

          Alkitab berkata : Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya ( Yak 5:16).

Jelas bahwa yang penting bukan berapa jumlah orang yang berdoa, tetapi "orang benar".  Apakahyang berdoa adalah orang benar ?

 

          Tuhan Yesus berkata : "Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya" ( Yoh 15:7).

Dari ayat ini kuncinya adalah tinggal dalam Tuhan Yesus dan FirmanNya tinggal dalam kita. Jelas tidak penting berapa jumlah orang yang berdoa.

 

          Jadi bicara mengenai pengabulan doa yang penting adalah kita harus jadi orang benar yang tinggal dalam Yesus dan FirmanNya tinggal dalam kita. Ini membuat kita mengerti kehendak Tuhan. Jika kita mengerti kehendak Tuhan, maka permintaan kitapun akan dikabulkan Tuhan karena apa yang kita minta akan sesuai dengan kehendak Tuhan. Kita tidak meminta untuk memuaskan diri sendiri (Yak 4:3). Jadi pergumulan kita yang paling utama adalah mengerti kehendak Tuhan. Kita harus memberikan seluruh hidup kita dan memberikan waktu untuk belajar mengerti kehendak Tuhan dengan terus menerus tinggal dalam Tuhan dan FirmanNya.

 

          Namun menarik untuk kita perhatikan sekalipun seseorang itu adalah orang yang benar, doanya bisa tidak sesuai kehendak Tuhan juga. Bisa karena penderitaan yang dialami.

Misalnya Paulus, dia meminta agar duri dalam dagingnya diangkat Tuhan, tetapi Kehendak Tuhan lain, Tuhan mau duri dalam daging itu tetap dalam diri Paulus dan itu menurut Tuhan untuk kepentingan Paulus sendiri.

 

Adapun ungoapan "bantu dalam doa" maksudnya hendak menunjukkan bahwa kita sebagai komunitas diberi kesempatan untuk saling memiliki beban, memberikan kasih kita satu sama lain. Dampaknya kita akan senang jika tahu banyak orang yang mendoakan kita. Hal itu bisa memberi semangat kita karena kita tahu banyak teman seiman berdoa untuk kita atau berdoa bagi apa yang kita minta kepada Tuhan. Namun mengenai terkabul tidaknya itu tergantung pada apakah itu sesuai dengan kehendak Tuhan bagi kita. Apakah permintaan kita itu diberikan akan merusak iman kita atau akan menumbuhkan iman. Tuhan yang tahu pasti, jadi kita ikut kehendak Tuhan saja.



Akhirnya jika doa kita dikabulkan, bersyukurlah dan balas budi baik Tuhan dengan hidup makin berkenan kepada Tuhan.

 

1 komentar:

  1. Semoga menjawab pertanyaan teman kita dari Pondok Gede ...

    Jika teman-teman memiliki pertanyaan mari kirim lewat email: mediak3r_rehobotthb@yahoo.com atau sms ke 082122596767 dengan mencantumkan NAMA, USIA, LOKASI. Tuhan Yesus memberkati!

    BalasHapus